3 Tanaman Berbahaya dari Indonesia yang Wajib kamu Hindari!

Tampak Cantik dan Indah, 5 Bunga Ini Ternyata Berbahaya

 


Ketika mendengar kata bunga, tentu kamu akan membayangkan bentuknya yang indah, dan aromanya yang semerbak. Namun, bagaimana jika bunga yang seharusnya indah itu, justru berbahaya bagi manusia karena mengandung racun?

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang bunga apa saja yang berbahaya untuk manusia, berikut kami telah merangkum 5 jenis bunga yang memiliki bentuk yang cantik dan indah, namun ternyata berbahaya.

1. Bunga Lily



Bunga yang sering dijuluki sebagai bunga musim semi ini memiliki bentuk yang menyerupai sebuah lonceng yang menggantung pada dahannya. Bentuknya yang indah, sering sekali mencuri perhatian orang yang melihatnya.

Namun, siapa sangka, bunga yang identik dengan simbol kebahagiaan pasangan ini ternyata berbahaya bagi manusia, karena mengandung racun.

Diketahui, dengan mengonsumsi bunga lily dalam jumlah yang banyak mampu mengancam nyawa pemakannya. Mereka akan merasa gatal di bagian mulut, mual, muntah-muntah, diare, dan disertai dengan rasa kram diseluruh bagian tubuh. Bahkan, dengan mengonsumsi bunga lily dalam jumlah yang besar mampu mengakibatkan disfungsi jantung pada pengonsumsinya.  

2. Nerium Oleander




Bunga yang satu ini memiliki bentuk bunga dan daun yang sepintas mirip dengan bunga kamboja. Tampilan bunganya yang cantik, dengan warna yang menarik perhatian ini ternyata mengandung racun yang berbahaya untuk manusia.

Ketika menjumpai bunga netrium oleander, sebaiknya kamu jangan sesekali mencoba untuk memetik bunga yang satu ini. Pasalnya, seluruh bagian bunga nerium oleander mengandung racun yang berbahaya untuk manusia.

Racun yang terkandung dalam bunga yang satu ini adalah oleandrin dan neriine, kedua zat ini mampu memperlambat denyut jantung, terganggunya sistem saraf, terganggunya sistem peredaran darah, dan terganggunya sistem pencernaan dalam waktu yang bersamaan. Hal ini dapat menyebabkan penderitanya kehilangan kesadaran, tubuh kejang-kejang, koma, hingga kematian.

Maka tak heran jika bunga nerium oleander sering digunakan sebagai media bunuh diri. Tak sampai disitu, getah bunga yang satu ini juga diketahui mampu menyebabkan mual-mual, muntah, sakit perut, diare, iritasi, bahkan hingga kebutaan.

3. Daffodil




Memiliki bentuk yang cantik, ditambah dengan warnanya yang cerah, bunga yang satu ini kerap dijadikan sebagai tanaman hias untuk tanam. Bunga Daffodil biasanya berwarna kuning saat sedang mekar, namun ada juga yang berwarna putih.

Meski terlihat sangat indah, ternyata bunga daffodil termasuk jenis bunga yang berbahaya untuk manusia, karena mengandung racun yang bisa menyebabkan masalah pencernaan pada pengonsumsinya.  

Diketahui, dengan mengonsumsi bunga daffodil, mampu membuat orang tersebut terserang penyakit diare. Bahkan jika dikonsumsi dalam jumah yang besar, racun dari bunga daffodil mampu menyebabkan masalah pada irama jantung, hingga kematian.

4. Datura Metel




Datura metel (kecubung) atau dikenal juga dengan sebutan terompet iblis ini merupakan bunga yang tumbuh di alam liar dan dibudidayakan untuk penelitian.

Datura metel memiliki bentuk yang indah dan menyerupai terompet dengan warna pastel. Namun, dibalik bentuknya yang indah, ternyata bunga datura metel mngandung senyawa alkaloid tropane, yang dapat berakibat fatal jika tertelan oleh manusia.

Bunga ini juga kerap disebut sebagai bunga yang memiliki efek seperti narkotika, karena mengandung atropine, hyoscyamine, dan scopolamine, yang mengakibatkan halusinasi atau hilangnya kesadaran pada pengonsumsinya.

5. Belladona




Ketika melihat bunga yang satu ini tentu kamu akan langsung merasa terkagum dan terpikat dengan wujudnya yang sangat indah dan cantik. Eits, namun jangan tertipu dengan wujudnya, pasalnya seluruh bagian bunga belladonna mengandung racun yang dapat membunuh manusia seketika.

Bagian yang paling berbahaya pada bunga yang satu ini terletak di pada bagian buahnya, yang menyerupai buah berry. Belladona mengandung racun tropan alkoids dan atropine yang dapat menyebabkan gangguan sistem saraf, hingga kegilaan.

Tidak sampai disitu, bunga dengan rupa yang sangat indah ini juga dapat membuat seseorang berhalusinasi berlebihan, penglihatan kabur, pupil membesar, terganggunya sistem pernafasan, keringat berlebih, detak jantung tidak stabil, hingga kematian.

Sekali lagi kita diajarkan untuk tidak menilai sesuatu hanya dari sampulnya saja.

 

 

Komentar