3 Tanaman Berbahaya dari Indonesia yang Wajib kamu Hindari!

Pemilihara Kucing? Ketahui 8 Tanaman yang Bahaya untuk Kucing

Hai sobat blog…

Seperti yang kita tahu, tren tanaman hias kembali naik daun di masa pandemi ini. Banyak orang yang memilih merawat tanaman untuk aktivitas selingan yang dapat memberikan nuasa segar di lingkungan rumah. 

Apakah kamu menjadi salah satunya? Jika iya, kamu perlu mengetahui beberapa tamanan yang berancun untuk hewan peliharaan, khususnya kucing. Jika sampai termakan, bisa saja kucing kamu akan keracunan, bahkan dapat mati.

Lantas, tanaman hias apa saja yang beracun untuk kucing? Ingin tahu? Simak ulasan di bawah ini!

1. Bunga Lili

Tanaman berbahaya untuk kucing yang pertama adalah bunga lili. Tanaman ini sangat populer di kalangan pencinta tanaman karena perwatannya yang mudah. Namun, bunga lili ini sangat berbahaya untuk kucing apalagi jika tertelan.

Bunga lili mengandung kalsium oksalat yang apabila dikonsumsi dapat menyebabkan kucing muntah, iritasi pada mulut dan saluran pencernaan, air liur yang berlebihan hingga kesulitan bernafas.

2. Sirih Gading

Tanaman berbahaya untuk kucing yang kedua adalah sirih gading. Sirih gading merupakan salah satu tanaman yang disukai oleh banyak orang karena perawatannya yang mudah. Namun perlu kamu ketahui, tanaman ini sangat berbahaya bagi kucing karena mengandung kalsium oksalat sehingga jika tertelan bisa menyebabkan rasa terbakar di mulut dan bibir, muntah, dan pembengkakan mulut.

3. Lidah buaya

Tanaman berbahaya untuk kucing yang ketiga adalah lidah buaya. Lidah buaya merupakan salah satu tanaman yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, namun sangat beracun pada kucing. Hal itu dikarenakan lidah buaya memiliki kandungan saponin dan antrakuinon yang jika tertelan bisa menyebabkan kucing muntah, lesu, dan diare.

4. Jade plant

Tanaman berbahaya untuk kucing yang keempat adalah jade plant. Jade plant atau yang sering disebut dengan giok ini adalah jenis sekulen yang mudah ditanaman dan dipercaya membawa keberuntungan bagi pemiliknya.

Namun tidak dengan kucing. Tanaman ini bisa saja beracun apabila tertelan. Jade plant dipercaya dapat menyebabkan kucing muntah, lesu, hingga depresi.

5. Lidah mertua

Tanaman berbahaya untuk kucing yang kelima adalah lidah mertua. Tanaman ini sangat berguna untuk membersihkan udara sehingga banyak digunakan di rumah-rumah. Namun, tanaman ini sangat beracun bagi kucing.

American Society for the Prevention of Cruelty to Animals (ASPCA) melaporkan jika tanaman yang satu ini mengandung saponin yang dapat menyebabkan mual, muntah, dan diare jika tertelan.

6. Palem sagu

Tanaman berbahaya untuk kucing yang keenam adalah palem sagu. Jenis tanaman palem yang satu ini memiliki banyak manfaat yang baik untuk kualitas udara. Namun, tanaman ini sangat beracun untuk hewan berbulu kesayangan kamu.

Mengapa demikian? Karena tanaman ini mengandung cycasin, yang jika tertelan kucing bisa menyebabkan muntah, diare, gagal hati bahkan hingga kematian.

7. Monstera deliciosa

Tanaman berbahaya untuk kucing yang ketujuh adalah monstera deliciosa. Monstera deliciosa merupakan salah satu tanaman yang sangat terkenal dikalangan pecinta tanaman hias.

Selain bentuknya yang cantik, tanaman ini juga dikenal memiliki harga yang fantastis. Sayangnya, tanaman ini mengandung kalsium Oksalat yang tidak larut sehingga sangat beracun untuk kucing. Jika tertelan, maka bibir dan mulut kucing seperti akan terrasa terbakar, air liur berlebihan hingga muntah.

8. Dieffenbachia

Tanaman berbahaya untuk kucing yang keterakhir adalah dieffenbachia. Tanaman ini menjadi salah satu tanaman yang sangat populer karena perawatannya yang mudah. Ada banyak jenis dieffenbachia dengan ukuran yang bervariasi.

Namun dieffenbachia ini dianggap menjadi salah satu tanaman yang sangat berbahaya bagi kucing karena mengandung kalsium oksalat dan enzim proteolitik yang menyebabkan muntah, mulut terbakar, iritasi mulut, bengkak, hingga kesulitan bernapas.

Nah, itulah beberapa tamanan yang sangat bagi kucing yang perlu kamu ketahui khususnya buat kamu pencinta kucing.

Komentar