3 Tanaman Berbahaya dari Indonesia yang Wajib kamu Hindari!

Mengenal 7 Tanaman Paling Mematikan di Dunia, Pernah Lihat?

 

Hai sobat blog…

Siapa nih yang suka merawat tanaman di rumah? Yap, hobi yang satu ini memang tengah digandrungi banyak orang. Selain dapat mempercantik halaman, merawat tanaman nyatanya bermanfaat bagi kesehatan.

Namun apa jadinya jika terdapat tanaman yang ternyata malah menjadi sumber kematian bagi siapa saja yang menyentuhnya. Tanaman apa sajakah itu? Penasaran? Yuk simak penjelasan berikut hingga tuntas ya!

Daftar 7 Tanaman Paling Mematikan di Dunia

1. Manchineel

Tanaman yang pertama adalah Manchineel dengan nama ilmiah Hippomane mancinella yang berasal dari Florida (AS), Kepulauan Karibia, dan beberapa kawasan di Amerika Tengah dan Selatan.

Daun dan buahnya menyerupai apel, dan kadang dikenal dengan nama “apel pantai”. Namun, tanaman ini punya nama Spanyol yang mengerikan, yakni manzanilla de la muerte yang berarti apel kematian kecil.

Penamaan tersebut dilatari oleh kandungan racun yang ada dalam buahnya. Dengan memakan buahnya mungkin bisa membunuh manusia, atau paling tidak pasti akan melepuhkan mulut dan kerongkongan kita.

Getah susu dari daun dan kulit kayunya mengandung bahan kimia mengiritasi yang disebut phorbol, menghasilkan reaksi alergi kulit yang kuat.

Tetesan air hujan yang jatuh melalui pohon ini dapat mengumpulkan phorbol dan membakar seseorang yang berdiri di bawahnya. Bahkan, menyentuh pohonnya pun dapat menyebabkan kulit melepuh.

2. Water hemlock

Mungkin kamu tak percaya, bagaimana bisa tanaman secantik ini berbahaya bagi manusia? Faktanya, water hemlock memiliki racun yang disebut dengan cicutoxin. Tanaman ini tidak berbahaya apabila disentuh, tetapi racunnya bisa merusak organ tubuh ketika tanaman ini dikonsumsi.

Gejala keracunan water hemlock adalah kram perut, kedutan pada otot, kejang-kejang, mual dan bisa berujung pada kematian, ujar laman Britannica memberi peringatan. Kematian terjadi akibat kelumpuhan pada organ pernapasan beberapa jam setelah tanaman ini dikonsumsi, ungkap laman Wilderness College.

3. Aconitum napellus

Terlihat sepintas mirip dengan lavender, nyatanya bukan! Ini adalah Aconitum napellus, salah satu tanaman yang beracun. Di masa lampau, racunnya digunakan untuk melumuri bagian anak panah untuk tujuan berburu atau perang. Jika manusia secara tidak sengaja menelan tanaman ini maka akan berakibat fatal bagi kesehatan!

Aconitum napellus mengandung neurotoksin dan kardiotoksin. Ini bisa menyebabkan komplikasi pencernaan, kelemahan pada sistem motorik hingga mengakibatkan kelumpuhan pada jantung dan paru-paru, ungkap laman Gizmodo. Gunakan tanaman ini sebagai penghias pekarangan saja, jangan coba-coba untuk mengonsumsinya ya!

4. Atropa belladona

Meski buahnya terlihat menggiurkan, jangan sesekali mencoba untuk memetik dan memakannya, ya! Atropa belladona adalah tanaman beracun yang memiliki julukan deadly nightside (bayangan malam yang mematikan). Bagian akar, daun dan buahnya mengandung zat golongan alkaloid, seperti atropin, hyocyamine dan scopolamine.

Mengonsumsi tanaman ini bisa menyebabkan kelumpuhan pada otot tubuh dan masalah pada jantung. Bahkan, menyentuh daunnya saja bisa mengakibatkan iritasi kulit! Selain itu, tanaman ini juga bisa mengakibatkan kelesuan, koma dan kematian, ungkap sebuah penelitian yang dipublikasikan di Turkish Journal of Anaesthesiology and Reanimation.

5. White snakeroot

Pernah melihat tanaman ini di pekarangan atau di pinggir jalan? Hati-hati, meski mungil, Ageratina altissima ternyata beracun! Racunnya bernama tremetol yang bisa menyebabkan gemetar, mual, muntah, kehilangan nafsu makan, lemas dan masalah usus serius pada manusia, ungkap laman Gizmodo.

Dalam kasus ekstrem, tanaman ini bisa menyebabkan kejang, koma dan kematian! Jika seseorang lolos dari maut setelah mengonsumsi tanaman ini, ia akan merasa lemas hingga beberapa minggu, terang laman Britannica. Hewan yang tak sengaja memakan tanaman ini pun bisa gemetar dan keracunan.

6. Bunga terompet

Pernah melihat bunga cantik satu ini? Yep, bunga terompet (Brugmansia) adalah salah satu tanaman yang banyak ditanam di pekarangan karena keindahannya. Namun, siapa sangka kalau tanaman ini beracun dan berbahaya bagi manusia? Bunga terompet mengandung skopolamin dan atropin, jelas laman Gizmodo.

Skopolamin bisa menyebabkan demam, muntah, gelisah, kebingungan, halusinasi, kejang dan melemahkan pernapasan, tegas laman Drugs.com. Sementara, atropin membuat penglihatan jadi kabur, detak jantung menjadi cepat, kehilangan keseimbangan, mual, pusing dan sensitif terhadap cahaya, ujar laman RxList.

7. Abrus precatorius

Biji berwarna merah itu terlihat mencolok, sekilas mirip dengan permen cokelat warna-warni yang biasa kita makan. Namun, jangan sesekali tergiur untuk mencicipinya, karena tanaman ini beracun! Bijinya mengandung abrin, senyawa beracun yang bisa menyebabkan diare, muntah, tremor bahkan gagal ginjal dan gagal jantung!

Dilaporkan adanya satu kasus keracunan abrin yang cukup parah. Hal ini dialami oleh gadis berusia 16 tahun yang menelan 10 biji Abrus precatorius. Setelahnya, ia mengalami mual, muntah, sakit perut dan diare. Bahkan, feses yang dikeluarkan berdarah dan urinnya jadi berwarna merah, ungkap jurnal yang dipublikasikan di Journal Medicine (Baltimore).

Hal hal yang terlihat indah belum tentu bagus untuk kita. Sama seperti bunga yang memiliki tampilan menarik namun ternyata menyimpan racun yang mematikan didalamnya. Maka dari itu kamu perlu menelusuri yang lebih jauh jika sesuatu terlihat indah di mata mu.

Komentar